04 December 2017

Kenapa Harus Daftar Emis Madin TPQ dan Ponpes? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Kenapa Harus Daftar Emis Madin TPQ dan Ponpes? Ini Fungsi dan manfaatnya




Assalamu'alaikum sahabat Guru Jugan 
Apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Allah.. Aamiin.. 

Kenapa sih harus daftar dan mengisi data emis?

Kegunaannya adalah supaya negara bisa memberikan anggaran dalam rangka peningkatan kualitas lembaga di lingkungan Kementerian Agama. Baik itu Perguruan Tinggi, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren umum, Muadalah, Wajar Dikdas, PDF, Taman Kanak Kanak Alquran, Taman Pendidikan Alquran, Ta’limul Qur’an Lil Aulad, Madrasah Diniyah Takmiliyah atau sering disebut MDT, Madin, DTA, DTW, Dtu, MDTA, MDTW, MDTU, terkadang juga disebut dengan sekolah Arab. 

Baca ðŸ“–: Kenapa Emis A PHP Error Was Encountered? Ternyata Ini jawabannya

Dan juga berguna sebagai pengakuan dari Kementerian Agama bahwasanya lembaga yang melakukan entry data telah memiliki nomor statistik dan juga melakukan entry data EMIS. Sehingga berhak untuk mendapatkan pelayanan dari Kementerian Agama.Bagaimana kalau ada lembaga tidak melakukan entry data? Secara surat edaran disebutkan bahwasanya lembaga yang tidak melakukan pemutakhiran data maka tidak lagi berhak mendapatkan pelayanan dari Kementerian Agama. Baik itu rekomendasi, bantuan dan lain sebagainya.
Fungsi selanjutnya adalah melihat bukti kongkrit lembaga beserta para pengurusnya tentang perwujudan nyata cinta NKRI. Dimana program EMIS merupakan program dari pemerintah. Dengan taat hukum yang dalam hal ini mematuhi aturan untuk mengisi data lembaga guru maupun santri merupakan bukti kongkrit cinta NKRI. Bukan hanya koar koar bilang cinta NKRI tapi ngentry data tidak mau alias datanya kosong melompong. Bisa dikatakan tidak singkron berteriak cinta NKRI tapi data lembaga nya tidak diisi alias kosong. 

Demikian semoga semangat dan lancar dalam melakukan usaha data lembaga yang baik sehingga dari jakarta pusat bisa mengambil keputusan yang tepat dan baik berdasarkan data yang valid dan representatif.

Salam "Guru Jugan" dari Madura.. 


Saran kritik, E atore di kolom komentar 

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon